JARINGAN
    Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
    Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
    Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Gambar 1 Jaringan komputer model TSS
    Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Gambar 2 Jaringan komputer model distributed processing
    Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
JENIS JARINGAN KOMPUTER
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
    Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
  1. Topologi BUS
Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:                              Kerugian:
- Hemat kabel                            - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
- Layout kabel sederhana           - Kepadatan lalu lintas
- Mudah dikembangkan              - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
                                                - Diperlukan repeater untuk jarak jauh
  1. Topologi TokenRING
Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:                              Kerugian:
- Hemat kabel                            - Peka kesalahan
                                                - Pengembangan jaringan lebih kaku
  1. Topologi STAR
Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:
Keuntungan:
- Paling fleksibel                      
- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
- Kemudahaan pengelolaan jaringan
Kerugian:
- Boros kabel                     
- Perlu penanganan khusus
- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
  1. Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.

ETHERNET
    Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
     Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.
    Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.

Gambar 3. Contoh ethernet address.

48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
Tabel 3. Daftar vendor terkenal chip ethernet

NOMOR KODE
NAMA VENDOR
00:00:0C  Sisco System
00:00:1B  Novell
00:00:AA  Xerox
00:00:4C  NEC
00:00:74  Ricoh
08:08:08  3COM
08:00:07  Apple Computer
08:00:09  Hewlett Packard
08:00:20  Sun Microsystems
08:00:2B  DEC
08:00:5A  IBM

Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.
  1. 10Base5
    Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.
    Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.

    Gambar 4. Jaringan dengan media 10Base5.

    Gambar 5. Struktur 10Base5.
  2. 10Base2
    Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. (Gambar 6). Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC.

    Gambar 6. Jaringan dengan media 10Base5.

    Gambar 7. Struktur 10Base2.
  3. 10BaseT
    Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti terlihat di Gambar 8. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.

    Gambar 8. Jaringan dengan media 10BaseT.

    Gambar 9. Struktur 10BaseT.
    Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table 4.
    Tabel 4. Jenis kabel UTP dan aplikasinya.
    KATEGORI
    APLIKASI
    Category 1  Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan untuk kabel telepon di rumah-rumah
    Category 2  Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai
     kecepatan 4 Mbps
    Category 3  Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan
     untuk Ethernet dan TokenRing
    Category 4  Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps
    Category 5  Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps, biasanya digunakan untuk
     FastEthernet (100Base) atau network ATM
  4. 10BaseF
    Bentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.

    Gambar 10. Struktur 10BaseF.

    Gambar 11. Foto NIC jenis 10Base5, 10Base2, dan 10BaseT.
  5. Fast Ethernet (100BaseT series)
    Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas, jenis ethernet chip lainnya adalah seri 100Base. Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantaranya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN dan lain sebagainya.

Sumber:
  1. Yuhefizar, Sejarah Komputer, IlmuKomputer.com
  2. Prihanto, Harry, Membangun Jaringan Komputer, IlmuKomputer.com
 

SOURCE !!!



Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).
Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

Model referensi ini pada awalnya ditujukan sebagai basis untuk mengembangkan protokol-protokol jaringan, meski pada kenyataannya inisatif ini mengalami kegagalan. Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
  • Standar model referensi ini, jika dibandingkan dengan model referensi DARPA (Model Internet) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sangat berdekatan. Model DARPA adalah model basis protokol TCP/IP yang populer digunakan.
  • Model referensi ini dianggap sangat kompleks. Beberapa fungsi (seperti halnya metode komunikasi connectionless) dianggap kurang bagus, sementara fungsi lainnya (seperti flow control dan koreksi kesalahan) diulang-ulang pada beberapa lapisan.
  • Pertumbuhan Internet dan protokol TCP/IP (sebuah protokol jaringan dunia nyata) membuat OSI Reference Model menjadi kurang diminati.
Pemerintah Amerika Serikat mencoba untuk mendukung protokol OSI Reference Model dalam solusi jaringan pemerintah pada tahun 1980-an, dengan mengimplementasikan beberapa standar yang disebut dengan Government Open Systems Interconnection Profile (GOSIP). Meski demikian. usaha ini akhirnya ditinggalkan pada tahun 1995, dan implementasi jaringan yang menggunakan OSI Reference model jarang dijumpai di luar Eropa.
OSI Reference Model pun akhirnya dilihat sebagai sebuah model ideal dari koneksi logis yang harus terjadi agar komunikasi data dalam jaringan dapat berlangsung. Beberapa protokol yang digunakan dalam dunia nyata, semacam TCP/IP, DECnet dan IBM Systems Network Architecture (SNA) memetakan tumpukan protokol (protocol stack) mereka ke OSI Reference Model. OSI Reference Model pun digunakan sebagai titik awal untuk mempelajari bagaimana beberapa protokol jaringan di dalam sebuah kumpulan protokol dapat berfungsi dan berinteraksi.


Struktur tujuh lapis model OSI, bersamaan dengan protocol data unit pada setiap lapisan
OSI Reference Model memiliki tujuh lapis, yakni sebagai berikut
Lapisan ke- Nama lapisan Keterangan
7 Application layer Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.
6 Presentation layer Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).
5 Session layer Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.
4 Transport layer Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
3 Network layer Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
2 Data-link layer Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
1 Physical layer Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.
1.klik start, setelah itu

2.klik "run" atau teka tombol "windows+R"


3.setelah itu muncul tampilan "Registry Editor"


4.Buka folder "HKEY_LOCAL_MACHINE" setelah sudah dibuka


5.Buka lagi folder "DESCRIPTION" jika sudah, buka lagi folder "SYSTEM"


6.Setelah itu masih buka folder lagi, pilih folder "CENTRAL PROCESSING"


7.Sesudah itu dibuka, buka folder "0"


8.pilihlah "processorNameStrings" lalu muncul tampilan "edit strings"


9.nahh,, jika sudah sampai sini, kita tinggal ganti aja namanya
   di tampilan edit strings itu edit value datanya
   contoh: Intel(R) Pentium 4(R) CPU          430  @ 1.80GHz
    kita bisa ganti
Intel(R) Dual Core(R) CPU          430  @ 3.40GHz


10.Sesudah di ganti "klik OK" selesai

11.tapi jika kita ingin mengetahui kalau pentium komputer kita sudah besar
     lihat di "My Computer" klik kanan, lalu properties


(cara ini hanya untuk untuk menengah, bagi para pemula bisa koment agar bisa lebih jelas)

terima kasih
1. klik start

2. setelah itu klik "run" ketiklah "gpedit.msc"

3. munculah tampilan "group policy"

4. pada menu "user confguration" klik folder "administrative
    templates"

5. sesudah itu, pilih folder "system"

6. pilihlah "turn off autoplay" klik 2x

7. munculah tampilan propertiesnya

8. pilih enabled
9. pada turn off autoplay on: pilihlah "all drive"

10. close, selesai
Cisco router adalah peratan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat- alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan.
Perusahaan cisco membuat router dengan berbagai seri dan model untuk berbagai kelas atau tingkat penggunaan, seperti :

1.CISCO ROUTER TIPE FIXED TINGKAT AKSES
  • Cisco router 700 series
  • Cisco router 801-804
  • Cisco router 805
  • Cisco router 811 dan 813
  • Cisco router 827
  • Cisco router 1000 series
  • Cisco router 2000 series
  • Cisco router 2500 series
  • Cisco router 3000 series
2. CISCO ROUTER TIPE MODULAR TINGKAT AKSES
  • Cisco router 1600 series
  • Cisco router 1720 dan 1750
  • Cisco router 2500 series
  • Cisco router 2600 series
  • Cisco router 3600 series
  • Cisco router 4000 series
3. CISCO ROUTER TIPE MODULAR TINGKAT INTI
  • Cisco router 7000 series, untuk enterprise
  • Cisco router 10000 dan 12000 series, untuk enterprise
Umumnya perusahaan cisco memberikan nomor model dengan angka kecil seperti cisco router model 700 untuk jaringan WAN sederhana untuk dipakai oleh perusahaan kecil. Sedangkan nomor dengan angka yang besar seperti cisco router model 12000 digunakan untuk jaringan WAN kompleks yang dipakai oleh perusahaan besar. Cisco router tipe fixed mempunyai interface tetap yang tidak dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan pemakai. Umumnya cisco router jenis modular  harganya jauh lebih mahal, tetapi lebih fleksibel dalam penggunaanya. Cisco router 2500 series tersedia dalam bentuk tipe fixed maupun modular. Setiap router biasanya mempunyai dua Synchronous Serial port DB-60 (Serial0 dan Serial1) untuk hubungan WAN, satu ethernet port DB-15 (AUI) untuk hubungan LAN, satu Console port RJ-45 untuk akses langsung ke sistem router dan satu Auxiliary Port RJ-45 (AUX) untuk akses ke sistem router dengan modem.(sumber : Tri Maryanto – 2203 100 022 Nur Kholis Majid – 2203 100 113)
  • Pilih Start > Run… > pada jendela Run… ketikkan cmd.
    Gambar 1 : Kotak dialog Runimage
  • Kemudian tekan [Enter].
Nah sekarang kita akan mengenal beberapa perintah dasar CMD


PERINTAH PERINTAH PADA COMMAND PROMPT

  • Date
Perintah Date berfungsi untuk menampilkan tanggal atau untuk menset tanggal.1
  • Vol [drive]
Berfungsi untuk menampilkan label suatu drive dan serial numbernya.2
  • Time [/T]
Time tanpa parameter /T akan menampilan waktu saat ini dan menset dengan yang baru. Time dengan parameter /T akan menampilan waktu.3
  • Title[string]
Berfungsi untuk mengganti nama pada window title dengan yang baru.4
  • Ver
Berfungsi untuk menampilan versi dari windows yang dipakai.5
  • Cls
Berfungsi untuk membersihkan layar.
  • Color [attr]
Berfungsi untuk mengubah warna dari background dan foreground pada command
prompt.
Attr : adalah parameter untuk warnanya.
Attr terdiri dari 2 nilai hexadecimal, nilai pertama untuk menentukan warna
background dan nilai kedua untuk menentukan warna pada foreground.
Daftar warnanya sebagai berikut :
0 = Hitam
1 = Biru
2 = Hijau
3 = Aqua
4 = Merah
5 = Unggu
6 = Kuning
7 = Putih
8 = Abu-abu
9 = Light Blue
A = Light Green
B = Light Aqua
C = Light Red
D = Light Purple
E = Light Yellow
F = Bright White
Contoh :
6 7 8 9
Jika digabungkan :
10 11

PERINTAH-PERINTAH UNTUK MANAGEMENT FILE
Dibawah ini merupakan perintah-perintah untuk management file, seperti
untuk membuat folder, mengcopy folder atau file, mengganti nama dan sebagainya.
  • Md
Berfungsi untuk membuat direktori
Contoh
Md \komputer
Akan membuat folder bernama computer didalam root folder.
Md \komputer\blog
Akan membuat folder bernama computer dan didalam folder computer akan dibuat folder bernama blog
12
  • Cd
Berfungsi untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lain.
Contoh f:/cd komputerblog
image
perintah diatas akan berpindah dari drive f ke folder komputerblog
Bagaimana kalau mau berpindah drive ? pada command prompt ketikkan drive yang
mau dituju.image
  • dir [drive:][path][filename] [/A[[:]attributes]] [/B] [/C] [/D] [/L] [/O[[:]sortorder]]
    [/P] [/Q] [/S] [/T[[:]timefield]] [/W] [/X] [/4]
Berfungsi untuk menampilkan file dan subdirektori yang terdapat dalam direktori.
Perintah dir memiliki beberapa attribute, penjelasannya sebagai berikut :
/A : berfungsi untuk menampilkan file yang memiliki attribute direktori, file
tersembunyi, file system, read only file dan archiving file. Singkatnya dengan
menambahkan atribut ini maka semua file yang ada dalam direktori akan ditampilkan.
13
/B : hanya menampilkan nama file saja.
14
/D : menampilkan file secara horizontal 
15
/L : menampilkan nama file secara lowercase
16
/N : menampilkan file dengan nama format panjang, tanpa /N nama folder
“Program files” menjadi “progra~1”.17
/O[attr] : menampilkan file sesuai urutan.
-N : Urut file sesuai nama (alphabetic)
-E : Urut file sesuai extension (alphabetic)
-G : Urut file sesuai group
-S : Urut file sesuai ukuran file (dimulai dari terkecil)
-D : Urut file sesuai waktu (dimulai dari yang paling lama)19
/P : Mempause ketika layer command prompt sudah penuh.
/Q : Menampilkan nama pemilik dari file.
18
/S : Menampilkan folder beserta subdirectori dan file yang terdapat didalamnya.
/W : Menampilkan file secara horizontal

  • Copy [/source] [destination]
Berfungsi untuk menyalin file dari lokasi satu ke lokasi lain.
Contoh :
Copy c:/laporan.doc f:
Perintah ini akan menyalin file laporan.doc yang berada pada drive c ke drive f.
Copy c:/*.doc f:
Perintah ini akan menyalin semua file yang berextensi *.doc ke drive f.
  • Del [file]
Berfungsi untuk menghapus file.
Contoh :
Del c:/buku.txt
Perintah ini akan menghapus file buku.txt dalam drive c.
Del c:/*.txt
Perintah ini akan menghapus semua file yang berextensi *.txt dalam drive c.
  • Erase [file]
Sama seperti perintah del, berfungsi untuk menghapus file.
Contoh :
erase c:/buku.txt
Perintah ini akan menghapus file buku.txt dalam drive c.
erase c:/*.txt
Perintah ini akan menghapus semua file yang berextensi *.txt dalam drive c.
  • Rd [folder]
Perintah ini berfungsi untuk menghapus suatu direktori.
Contoh
Rd games
Perintah ini akan menghapus folder yang bernama games.
  • Rddir [folder]
Sama seperti perintah rd, yaitu untuk menghapus direktori.
Contoh
Rddir game_lama
Perintah ini akan menghapus folder yang bernama game_lama

  • Ren [namafile] [namabaru]
Berfungsi untuk mengganti nama suatu file.
Contoh :
Ren kinta.doc kuliah.doc
Perintah ini akan mengganti nama kinta.doc dengan kuliah.doc

  • Rename [namafile] [namabaru]
Sama seperti ren, berfungsi untuk mengganti nama suatu file.
Contoh :
Rename kinta.doc kuliah.doc
Perintah ini akan mengganti nama kinta.doc dengan kuliah.doc
  • TYPE [drive:][path]filename
Berfungsi untuk menampilkan file berfomat text (*.txt) atau file lainnya yang
didukung oleh dos.
Contoh :
Type tentangku.txt
Perintah ini akan menampilkan file tentangku.txtimage

LAEN-LAEN
  • TREE [drive:][path] [/F] [/A]
/F : Dengan menambahkan option ini, maka file-file yang berada dalam folder
akan ditampilkan.
/A : Menggunakan format ASCII dalam menampilkan karakter.
Contoh:
Type f:
Perintah ini menampilkan susunan direktori yang berada pada drive f.image
Tree f: /f
Perintah ini menampikan folder beserta file yang berada pada drive f.image
  • Edit
Text editor untuk dos.image


Tambahan :
  • ATTRIB Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah atribut file
  • CLS Perintah internal. Untuk menghapus layar monitor
  • COPY Perintah internal. Untuk mengkopi file
  • DEL Perintah internal. Untuk menghapus file
  • DIR Perintah internal. Untuk melihat daftar file/folder di folder/direktori tertentu
  • MD Perintah internal. Untuk membuat direktori/folder baru
  • RD Perintah internal. Untuk menghapus folder (folder kosong)
  • REN Perintah internal. Untuk mengubah nama file/folder
  • TYPE Perintah internal. Untuk melihat isi fileEDIT Perintah eksternal. Untuk mengedit file teks (interaktif)
  • FDISK Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah/membuat partisi harddisk
  • FORMAT Perintah eksternal. Untuk memformat disket/harddisk
  • MORE Untuk mencegah tampilan menggulung terus-menerus
  • SYS Eksternal apa internal ya? Yang jelas untuk membuat disket/harddisk jadi bootable DEBUG Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah isi file dalam format heksadesimal
  • REG Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah/menghapus key/value registry
  • TASKKILL Perintah eksternal. Untuk menghentikan/membunuh proses yang sedang berlangsung
  • TASKLIST Perintah eksternal. Untuk melihat daftar proses yang sedang berlangsung
PERINTAH-PERINTAH BATCH
  • MELIHAT DAFTAR FILE: “DIR”
Perintah “DIR” berfungsi untuk melihat daftar file/folder yang berada di direktori atau folder tertentu. Sebenarnya perintah DIR mempunyai banyak sekali parameter perintah yang dapat kita gunakan untuk membatasi daftar file/folder yang kita inginkan. Di antaranya, parameter-parameter ini dapat kita gunakan untuk menentukan file, folder atau file dan folder yang ingin kita lihat di direktori/folder tertentu, kemudian menentukan apakah kita akan menampilkan file-file yang hidden atau tidak, kemudian mengurutkan berdasarkan nama, tanggal, ukuran, dan sebagainya. Untuk mengetahui daftar parameter dan cara penggunaannya, ketikkan “DIR /?” kemudian tekan Enter.
  • Melihat daftar file/folder dalam direktori/folder tertentu
DIR (tanpa parameter)
  • Melihat daftar file saja
DIR /a-d
  • Melihat daftar folder saja
DIR /ad
  • Melihat daftar file yang tersembunyi
DIR /a-dh
  • Melihat daftar folder yang tersembunyi
DIR /adh
  • Melihat daftar file/folder yang tersembunyi
DIR /ah
  • MENGETAHUI/MENGUBAH ATRIBUT FILE: “ATTRIB”
Untuk mengetahui daftar parameter untuk perintah “ATTRIB”, ketikkan “ATTRIB /?”.
  • Melihat attribut file/folder
Format umum: ATTRIB namafile
Contoh: ATTRIB readme.txt
Untuk melihat attribut dari beberapa file/folder, gunakan wildcards character (*) pada namafile.
  • Mengubah attribut file/folder
ATTRIB daftaratribut namafile
  • Daftar atribut yang valid: H, R, S
Gunakan tanda ‘-’ di depan kode attribut untuk menonaktifkan atribut tertentu, gunakan tanda ‘+’ untuk mengaktifkan atribut tertentu.
Contoh pemakaian:
Mengubah atribut file README.TXT menjadi hidden
ATTRIB +h README.TXT
  • Mengaktifkan atribut hidden sekaligus atribut system pada file README.TXT
ATTRIB +h +s README.TXT
  • Menonaktifkan attribut hidden, read-only dan system pada semua file dalam direktori aktif (current directory). Kombinasi atribut ini dapat digunakan untuk memunculkan kembali file-file yang ‘disembunyikan’, misalnya sebagai dampak infeksi virus ke komputer:
ATTRIB -h -r -s *.*
SOURCE: http://kidzoom.wordpress.com/2010/03/11/perintah-dasar-command-prompt/
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Pendahuluan

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall. Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS

Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya

Layanan inti umum

Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya, seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.

Program saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan Antarmuka Pemrograman Aplikasi, Application Programming Interface atau disingkat dengan API. Dengan API inilah program aplikasi dapat berkomunikasi dengan Sistem Operasi. Sebagaimana manusia berkomunikasi dengan komputer melalui Antarmuka User, program juga berkomunikasi dengan program lainnya melalui API.

Walaupun demikian API sebuah komputer tidaklah berpengaruh sepenuhnya pada program-program yang dijalankan diatas platform operasi tersebut. Contohnya bila program yang dibuat untuk windows 3.1 bila dijalankan pada windows 95 dan generasi setelahnya akan terlihat perbedaan yang mencolok antara window program tersebut dengan program yang lain.

Sistem Operasi saat ini

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Proses

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu. Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama. Suatu sistem operasi dapat juga merubah nilai prioritas proses tertentu, agar proses tersebut akan dapat memiliki kesempatan lebih besar pada eksekusi berikutnya (misalnya: pada proses yang sudah sangat terlalu lama menunggu eksekusi, sistem operasi menaikkan nilai prioritasnya).

Status Proses

Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda. Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
  1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya
  2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor
  3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas
Game, kesukaan semua manusia! Kita suka bermain game. Namun, kita tidak bisa membuat game sendiri. Tapi jangan kawatir, ini ada 20 aplikasi untuk Membuat Game Gratis Sendiri.
Berikut berbagai aplikasi membuat game yang bisa digunakan siapapun yang ingin membuat game sendiri.
Membuat Game Berbasis Flash

1. AlbinoBlackSheep
http://www.albinoblacksheep.com
Disini banyak sekali game dan video termasuk tutorial tentang bagaimana membuat game berbasis flash.
2. FlashKit
http://www.flashkit.com
Disini anda bisa menemukan banyak tutorial bekerja dengan flash termasuk panduan langkah demi langkah untuk beberapa tipe game.
3. Kirupa
http://kirupa.com
Banyak sekali tutorial ekstensif untuk membuat game flash termasuk panduan untuk game-game spesifik seperti game shooter.
4. Lassie Adventure Studio
http://lassie.gmacwill.com/lower.php?section=news&page=index
Dengan aplikasi ini, anda dapat membuat gambar 2D untuk game petualangan dengan mudah dan membuat gamenya.
5. Sploder
http://www.sploder.com
Disini anda bisa membuat game flash dari berbagai macam jenis obyek dan kemudian meletakkannya pada MySpace, Blogger dan situs-situs lainnya.
Membuat Game Standard dan Panduannya
6. Anim8or
http://www.anim8or.com
Aplikasi modeling animasi 3D untuk game yang mudah digunakan.
7. Byond
http://www.byond.com
Disini anda bisa membuat game anda sendiri dengan bantuan peralatan alikasi yang sudah disediakan dan kemudian anda sharing dengan orang lain untuk mengetahui pendapat mereka.
8. Game Discovery
http://www.gamediscovery.com
Disini semua yang anda inginkan untuk membuat game ada, character making, gameplay making dan juga anda bisa menemukan ide-ide membuat game disini.
9. Martin Piecyk’s Website
http://www.pages.drexel.edu/%7Emfp27/gamemaking/
Panduan belajar bagaimana untuk membuat game dengan disertai link ke berbagai sumber.
10. VGMusic
http://vgmusic.com
Jika anda ingin menambahkan efek sound atau soundtrack game yang anda buat, anda bisa temukan disini, banyak sekali file-file midi yang bisa anda gunakan untuk keperluan game yang anda buat.
11. Visionaire2d
http://www.visionaire2d.net
Aplikasi ini dapat membantu anda membuat game petualangan 2D tanpa perlu pengetahuan programming.
12. YoYoGames
http://www.yoyogames.com
Disini anda akan temukan banyak perlengkapan untuk membuat game seperti beta testing, download, work in progress, community dan banyak lagi lainnya.
Membuat Game RPG
13. Charas-Project
http://charas-project.net
Generator karakter yang mudah digunakan untuk karakter RPG yang anda ingin buat.
14. CrankEye
http://www.crankeye.com
Ada banyak sekali panduan untuk membuat RPG seperti editor karakter, soundfile dan lain sebagainya.
15. DualSolace
http://dualsolace.com
Disini anda dapat menemukan software membuat game MMORPG 2D RealFeel.
16. FreeMMORPGMaker
http://www.freemmorpgmaker.com
Software gratis untuk membuat MMORPG termasuk membuat bagian-bagian game seperti karakter, efek dan suara.
17. PhanxGames
http://www.phanxgames.com/index.asp
Anda bisa membuat RPG dan juga disertai membuat grafis, sound file midi, wav, kemudian jika anda selesai membuatnya, anda bisa menguploadnya di situs tersebut hingga ukuran 50 MB.
18. PlayerWorlds
http://www.playerworlds.com
Aplikasi populer yang banyak digunakan untuk membuat game seri RPG.
19. RPG Maker
http://www.rpg-maker-downloads.tnrstudios.com/
Program RPG Maker di situs ini ada beberapa seri yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda.
20. RPGCrisis
http://rpgcrisis.net
Disini anda dapat menemui berbagai download dan aplikasi untuk membuat RPG pada berbagai sistem apakah PC atau yang lainnya.
21. RPG Revolution
http://www.rpgrevolution.com
Perlengkapan dan aplikasi untuk membuat game RPG pada lebih dari 13 sistem game making berbeda.

Mungkin sekarang Anda penasaran ingin membuat game sendiri kan? Good Luck

Serial Norton Ghost 15.xxxxxx
04-4408-4167-069767
07-4405-8948-447245
05-4401-6537-463076

Nero v9 : 9M03-01A1-PCX7-K31A-8A94-98PT-KT2E-522A
Blu-ray Disc Authoring Plug-in: 9M13-0083-2710-5622-98W3-TL0A-THW4-9A0T
Gracenote Plug-in : 9M0C-01A2-K817-3LK8-9X6M-WK3U-L942-3WE1
DTS Plug-in : 9K00-0003-8M80-6320-5043-1458-XAA5
mp3PRO plug-in : 1A41-0800-0000-2903-1645-8530
Nero BackItUp v4 : 9M11-01CA-032E-01A5-AA9C-H44K-6T9U-X4HW
Nero MediaHome v4 : 9M06-019C-TTET-880Z-5PUM-6XA2-5MEC-35WM
Nero Move it : 9M09-01AC-5TE3-KEU9-177W-C6E0-6KCT-2W4K
Paten Activation
8M01 – 20CX – 4294 – TL10 – U4U0 – UKE2 – MMT7 – AHWX
Adobe Photoshop Lightroom 2.3
1160-4568-4011-1298-2613-9284
1160-4758-7803-0258-3498-5439
1160-4197-3532-1875-1349-8142
Adobe Acrobat v8.0 Professional
1118-1341-3925-5595-8141-7680
1016-1992-9210-9981-1392-2870
1118-1719-9236-6727-3285-3211
1016-1757-9008-0389-1405-2509
1118-1295-7743-3899-5988-7217
1016-1553-1956-8803-7545-2920
AVG Anti-Virus Professional v7.5.446.965
70-THXMV1-PD-C21-S9TX8-J48-2YW6
70-THXMV1-P6-C21-SMNP6-PXB-BHNI
70-THXMV1-PU-C21-S9N5S-RJU-NT7V
70-THXMV1-PK-C21-SN6VE-RND-C3AZ
70-THXMV1-PI-C21-SV3N-KEF-MBC2
AVG.Anti-Virus.Professional.7.5.476.Build.1043
70-TVTMH4-PR-C21-S6CFV-APY-6BJ6
70-THXMV1-P2-C41-S5GMA-UMF-ESX7
70-TF18C1-P5-C12-SPLPL-PXZ-L7LM
AVG Anti-Spyware 7.5 Plus
75SP-TH1VD1-P09-C01-S30MUE-NNK-I1X8
70AM-TH1DZ1-PL-C05-S22AFR-94U-E7Z0
AVG Anti-Spyware v7.5.0.50
70EW-TH17Q1-PM-C01-S1W2QD-MEM-NUYY
Anno 1701
F5ESL-JV4HJ-2QLJ5-4LN7G-HYSNO-H4DDV-HM7NN-9KWSZ
Adobe Photoshop CS2 v9.0
S/N: 1045-0436-9551-0266-5984-9386
Adobe Photoshop Lightroom v1.0
116044770382008492207154
116045641847731830470143
116045913624002835701237
116047564730034623372249
116040029137790379586954
Adobe Photoshop Lightroom v1.0
1160-4301-7977-0221-2925-0568
Cyber_link_ PowerDVD Deluxe v7.0.2211
MMWJC-FRW4Z-677TV-YC8US-ZLYV3-KPW7B
WE8LG-MENE9-QGNVQ-LNPCF-F5AVD-8URP5
28FC9-URJA8-NDJA5-QVPQJ-EEB4M-2FZQM
GLRGH-A6CS6-X8BTA-CGA6A-KHDCK-4KUW4
TGRZP-QQQUU-X49A5-HC9KJ-QSA8S-9PMMP
Command And Conquer 3: Tiberium Wars – Kane Edition
HKM5-YD73-72H6-B273-6FLT
Caricature Studio v2.0
NAME : The Bitter End
SERIAL: 5-2Q540AQW43DHMLD8D
Cyber_link_ PowerDVD 7
S/N: WTGC3-SBR8C-PWFXA-HAG87-UPXH6-RAYKE 7SJRX-LBFMF-JUH8A-UD88Y-KUNT2-EXUNQ 6XDFP-HRXSM-4J4ZU-C2XBU-EG384-MEEVFGMJLS-EWEUU-TDAGH-R7XUU-JNG4X-KPFXR 824RZ-WQA6F-RBVAM-5W9N8-EX3HL-QDU42
DSL Speed v3.8
User Name : TEAM TBE
Serial : PDDI33L6JTW6
Google Earth Pro
Name: Shinder Jandu
S/N: JCPM7DVNY6MRE3G
Password: 123456789
Guitar Pro v5.2
USER ID: SERIALBAY.COM
KEY ID: AAAAA-AW50A-AAAAZ
Kaspersky 6.0
S/N: tybgedtyhr4rthtyh
Kaspersky Internet Security v6.0.1.411
DZ3A3-7XGVU-DH1YX-NXJYP
MOBILedit! v2.3.0.4
Name: RU-Board
Activation Key: MRRMU-FHAD9-VUC5V-EY4A0-5M0MA
MOBILedit! v2.2.0.3
Activation Key: F5FN3-FHADT-D7TS7-FM4FK-YLHJ1
Name: Eugenio Battistini
Company: Empty Field
MICROSOFT OFFICE 2007
KGFVY-7733B-8WCK9-KTG64-BC7D8
Microsoft Office 2007 Pro
TT3M8-H3469-V89G6-8FWK7-D3Q9Q
Microsoft Office Professional 2007 Enterprise
KGFVY-7733B-8WCK9-KTG64-BC7D8
Microsoft Windows XP Profesional SP 2
WGP2M-G8M6T-BT7D4-P7RY7-27K76
VYKFM-8WQD3-PQC2R-MB9YV-X3JFG
k2kb2-bdbgv-kp686-d8t7x-hdmq8
Microsoft Windows xp Professional
S/N: FCKGW RHQQ2 YXRKT 8TG6W 2B7Q8
Microsoft Office 2007 Enterprise
KGFVY-7733B-8WCK9-KTG64-BC7D8
Microsoft Windows Vista Ultimate
YFKBB-PQJJV-G996G-VWGXY-2V3X8
Windows Vista
YFKBB-PQJJV-G996G-VWGXY-2V3X8
Microsoft windows vista 2006
Name: cristi suta
S/N: TCP8W-T8PQJ-WWRRH-QH76C-99FBW
All Windows XP
Window XP-SP-1:-WC6KV- YG48T-JB44B- DJCJC-KVYYQ
Window XP-SP-2:-T8F9M- X92C2-9499M- BPQQK-2GQ36
Window XP-SP-3(EGYPTIAN HAK):-BTFRC- GHC7V-2WFBW- Y42XW-9WDKY
Windows XP Corporate: FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8
Windows XP CORPORATE C/SP2: VDDF2-JJWM3-X7P27-FRHRT-8BVHT
Windows XP Home BR: K8GMG-PRV3M-VG2JH-DJJ48-RY7FV
Windows XP Professional C/SP2 BR: BX6HT-MDJKW-H2J4X-BX67W-TVVFG
Windows XP Professional – Inglês: FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8
Windows XP BR: JB88F-WT2Q3-DPXTT-Y8GHG-7YYQY
Windows XP Server: BJXGH-4TG7P-F9PRP-K6FJD-JQMPM
Windows Server 2003 Enterprise Corporate Edition: JB88F-WT2Q3-DPXTT-Y8GHG-7YYQY
Windows 2003 Standard Server: M6RJ9-TBJH3-9DDXM-4VX9Q-K8M8M
Windows 2003 Web Server: d42×8-7mwxd-m4b76-mkyp7-cw9fd
Windows 2003 Server Corporate 3 in 1: JB88F-WT2Q3-DPXTT-Y8GHG-7YYQY
Windows 2003 Server/Enterprise/MSDN: QW32K-48T2T-3D2PJ-DXBWY-C6WRJ
Nero 7 Premium Reloaded v7.5.9.0A
1C80-0000-19E5-MA2X-4001-1324-3931
1C80-0000-19E5-MA2X-4008-6459-9954
1C80-0000-19E5-MA2X-4008-9974-0906
1C80-0000-19E5-MA2X-4005-9931-5336
1C80-0000-19E5-MA2X-4008-5823-0671
Nero 7 Premium Reloaded v7.8.5.0
1C80-0000-19E5-MA2X-4003-8871-9910
Nero 7 Premium Reloaded v7.7.5.1
1C82-0020-19E5-M45X-0FFF-93D9-0BD4
1C82-
0020-19E5-M45X-0FFF-GC89-D3N4
1C82-0020-19E5-M45X-0FFF-2X95-1I5J
1C82-0020-19E5-M45X-0FFF-ARA0-0ASR
1C82-0020-19E5-M45X-0FFF-7RLG-K8G7
Nero 7 Premium Reloaded v7.5.9.1
1C81-0020-19E5-M31X-E42S-D217-7935
Norton AntiVirus 2007
Product Key: V4FHRMHYH7PR8FF9PY46J3DDC Activation: XHHCWFWH7KTC
Power DVD 7.0
S/N: WTGC3-SBR8C-PWFXA-HAG87-UPXH6-RAYKE 7SJRX-LBFMF-JUH8A-UD88Y-KUNT2-EXUNQ 6XDFP-HRXSM-4J4ZU-C2XBU-EG384-MEEVFGMJLS-EWEUU-TDAGH-R7XUU-JNG4X-KPFXRHi
SpeedUpMyPC v3.0
00XHEH-M5TY2P-QEZJWB-V8UUHN
regcure 1.0.0.43
S/N: 2E002-D1220-84B07-AAD07
registry booster all
S/N: 00×242-jj5yyp-5z8z6c-7570ng
Spyware Doctor 4.0.0.2618
Name: craig martindaleS/N: A962-19A8-4171-D2BE-0BAF-5010-7810-23C0-7577-6FFE
Super DVD Creator v9.30
SDCMM-124272-881221-362392-341621
SDCMM-064745-114192-730109-921381
SDCMM-112154-175236-561511-642441
SDCMM-625237-169174-441194-723975
SDCMM-431046-156136-178255-201392
S.T.A.L.K.E.R.: Shadow of Chernobyl
FK47-S4JT-576Q-GZTM
Sunbelt Kerio Personal Firewall v4.3.268
44M67-B7BD4-B3B89-E9B6M-63AF5
Spyware Doctor v5.0.0.147
Name : Thomas Grassmann
Serial : BFA2-D53B-A6C7-A08B-B95E-C2DD-30F4-8E64-49CF-7E10
Trojan Remover v6.5.5
Username: Nancy Stephens
Licence Key: 000015-YBW39A-9BFFWM-GA26J3-15HY2T-XGDJQT-4U7VNA-ZC4TMG-J4JVN0-WQHD66
TuneUp Utilities 2007 v6.0.1255.0
Name :BUBlic
Company :TSRh
Serial :6THVJ-XKL6J-XV6L3-8EP52-FBDF8-SFSXU
Uniblue Registry Booster v1.3
00X242-JJ5YYP-5Z8Z6C-7570NG
WINDOWS VISTA :
Windows Vista Business ———– J9QVT-JJMB9-RVJ38-M8KT6-DMT9M
Windows Vista Home Basic ——— KJTCW-YQGRK-XPQMR-YTQG8-DKVG6
Windows Vista Home Basic N ——- YQWWH-2YD6Y-V3K2X-H4H8V-WJ8WT
Windows Vista Home Premium —— PYYBC-K9XT9-V92KD-6CT89-4VB82
Windows Vista Ultimate ———— PVVFY-2F78Q-8T7M8-HDQB2-BR3YT
Windows Vista Enterprise ———- CYD8T-QHBMC-6RCMK-4GHRD-CRRB7
windows vista 2006
Name: cristi suta
S/N: TCP8W-T8PQJ-WWRRH-QH76C-99FBW
WINDOWS XP :
Windows XP Home Edition K ———- W8F6Q-HM3JB-2XRHD-7Q92J-XKY6W
Windows XP Home Edition KN ——— M9D9J-2TQV2-FBJQP-2M8G8-DGQ26
Windows XP Media Center Edition —– H23CJ-2WXM9-M9D2K-42226-DJWRD
Windows XP Professional Edition K —- FRH2X-6VD7F-YH2TV-2V8B7-J46F6
Windows XP Professional Edition KN — QKBGY-T8JFG-F448Q-24KR9-48XPJ
Windows XP Home Edition ———— GHGCP-3KFC6-Y4J4D-MVG7V-67TV6
Windows XP Professional ————- F9QV9-HDYR3-6QDR4-PGVW9-GTBBJ
Windows XP Professional IA64 Edition – BGVXG-CM3VK-FX848-B9JPY-YJJXD
Windows XP Professional x64 Edition — PFFY7-Y9RRY-MT6C7-XMQPK-RWFCW
Windows XP Tablet PC Edition ——– WFMYK-68Y2T-JD473-W8DMW-8PFHQ
WINDOWS 2000 :
Windows 2000 Professional ———— DDTPV-TXMX7-BBGJ9-WGY8K-B9GHM
Windows 2000 Server (All Versions) —- KRJQ8-RQ822-YRMXF-6TTXC-HD2VM
Xingtone Ringtone Maker v5.0.0
PI74-1013-GABQ-3306
Your Uninstaller! Pro 2006 v5.0.0.259
Name: PAUL J DEVENZIO
Code: 000016-QA36H2-XW5PPB-6RB7J2-BZ1FJ8-KJQBE9-C2F81Q-FKFEAN-Y5WFRP-EPMHYT
ZoneLabs ZoneAlarm Pro v6.5.737.000
C7Q38-K6I15-TRJSM-3VN287-D2HB00
ZoneAlarm AntiSpyware v7.0.337.000
5652x-kwhhr-n7×6b-tdiwmr-7rusk0
4m69p-ghc1f-j5u1b-5es7ek-nfvec0
6p2cn-tk831-tbfw7-d2n29f-28brc0
h8m35-2jufs-phped-nu4fjv-7ina40
0sh7m-2bemm-6t41b-mivepx-n06ig0
5hp0w-3ec5h-xhiwe-4×9hs7-4w8a40
iqxtr-9aegi-axt7g-mmac1j-fv9eq0
acrsk-wtrtn-vs6gi-83amw6-i18u80
1jwiw-wm6tb-wu8i1-gps3xh-240v80
ACDSee Pro v3.0.xxx Serial
GH2DVH-337G5-3W8VRL-DWCDYNL
GKCDVH-337G5-3ZZGBC-DGJ6F8J
GHYDVH-337G5-3VYQML-JH2VXXY
GJKDVH-337G5-3CNMCK-3NV8YJM
GJXDVH-337G5-335BKH-4QHWTKB
SiSoftware Sandra Pro Business v2010 Serial
S/N: 77CNKYN3TEY7NEQTDQACM2ER9QZQQ4
MediaMonkey Gold v3.2.0.xxxx Serial
Name: KOTAKALONG.COM
S/N: INF0T7SB0NIXC0GXTB0I12P
SN Microsoft Office 2010 Public Beta :
MAK key : 2PWHY-KT4X6-96PYW-XQR7V-HW2W9
MAK key : YF79C-7Y4B4-PGM89-6BKGJ-46PBT
MAK key : 7XD2X-JWJ94-BCHBW-W9WXP-J2WPT

Microsoft Visio Premium 2010 Beta :
P33XK-G7GK2-Y742B-8HCY6-RX3K8
Microsoft Project Professional 2010 Beta :
FJDHB-D2KBB-XJK2Y-FCWGH-63J23
Pasang CPU Temperatur Sensor di komputer Anda.
Hidupkan aplikasi yg memainkan Flash Player secara kontinyu: Farm File atau semacamnya di Facebook, atau game-game online lain berbasis Flash.
Saksikan temperatur CPU Anda akan meningkat dengan cepat.. sampai 75-80 derajat Celcius,  bahkan mungkin lebih jika sistem pendingin di komputer Anda cuma bawaan (fan standar processor + fan casing). Sekadar situs-situs berita pun sekarang dipenuhi aplikasi berbasis Flash. Jadi bila Anda membuka, katakanlah Tempo Interaktif, hitung berapa aplikasi Flash yang terbuka, dan berapa banyak resource processor Anda yang digunakan.
Sebagai pembanding, memainkan game 3D pun suhu processor tidak naik setinggi itu, paling-paling 55-60 derajat. Makanya cukup beralasan kenapa Steve Job menolak dengan keras penggunaan Flash Player di iPad, iPhone, dan iPod Touch. Dia menganjurkan untuk menggunakan format-format semacam H.264, MPEG4, dsb, yang sebenarnya bisa dijalankan dengan dengan player berbasis HTML5, Java, dsb.
Mengapa Flash sedemikian boros resource? Bahkan kata Steve Job, bila dipasang Flash Player di iPad, maka daya tahan baterei iPad akan menurun secara drastis, dari 10 jam menjadi 5 jam pemakaian.
Jawabannya antara lain, Flash bersifat software rendered, sehingga semua aksinya akan dirender dengan menggunakan processor. Dibandingkan dengan H264, MPEG4, dsb, mereka adalah hardware rendered, jadi semua aksinya dirender oleh prosesor grafis yang ada di komputer Anda, sehingga prosesor utama tidak terlalu bekerja keras.
Maka, jika Anda tidak bisa meninggalkan Flash Player karena tuntutan situs-situs berita, game online, atau Facebook, silahkan memasang sistem pendingin yang lebih baik di komputer Anda.
Selamat memilih.

Welcome to My Blog

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Total Viewed

- Copyright © MIRAI PEDIA - Ahmad Fauzi - Powered by Blogger - Modified by AF