Kalau kita ingin belajar lebih baik lagi , berikut adalah Trik Belajar Dengan Baik :
- Jauhi diri kita dari cemilan atau tontonan (TV) pada saat belajar, karena akan mengganggu konsentrasi
- Terkecuali minuman atau air putih yang paling bagus , karena kita saat belajar pasti kita memerlukan cairan agar tubuh tetap segar dan sehat
- Selagi membaca buku , garis bawahi atau menandai pakai stabilo kalimat-kalimat yang penting dan harus di ingat
- Jika kita sudah sering membaca sebuah buku, cobalah untuk menulis ringkasan hal-hal yang telah anda ingat tanpa melihat buku
- Biasakan untuk menjawab soal-soal yang ada pada buku sekolah, tanpa mencontek pada teman (usaha sendiri)
- Dengan begitu akan banyak pengetahuan yang kita dapat karena kita berusaha membaca dan mengingat tanpa bergantung pada orang lain.
- Jangan lupa dimulai dengan membaca doa dan diakhiri dengan membaca doa juga
Ungu Band Photos

more in Photo Gallery
Seputar Ungu Band
- Dibentuk pada: September 1996
- Aliran musik: pop progresif
- Karya musik: 4 album musik, 3 album mini (religi), 1 album kompilasi [selengkapnya...]
- Label: Trinity Optima Production
- Mantan personil: Ekky (gitaris), Ariyo (vokalis), Pasha Van derr Krabb (drummer)
- Awalnya, semua personil berasal dari band yang berbeda
- Makki merupakan satu-satunya personil awal yang masih aktif sampai sekarang
- Alasan nama Ungu: simpel tapi berkesan megah, gabungan dari beberapa warna
- Cliquers adalah sebutan untuk para fans Ungu
- Buku biografi Ungu Band berjudul "Ungu Book Magazine" (10 Mei 2007)
Links
- Website resmi Ungu Band: http://www.unguband.com/
- Ungu Band di Friendster: http://profiles.friendster.com/unguband2008
- Ungu Band di MySpace: http://www.myspace.com/ungumusic
- Ungu Band di Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Ungu_(grup_musik)
- Ungu Band di Blogsome: http://unguband.blogsome.com/
- Sepenggal kisah tentang perjalanan Ungu Band, berjudul "Panggung Roller Coaster Ungu"
Awalnya terbentuk dari sebuah persahabatan yang hanya terdiri dari 3 orang personil yaitu :
Fikar (drum), Fajar (Bassist Rhytm) dan Ozy (Lead).
Untuk menyempurnakan Group band ini, akhirnya meraka berinisiatif untuk menambah
personil yaitu Aan, Bintang dan Feby yang tak lain adalah teman-teman terdekatnya.
dengan bergabungnya personil ini, terbentuklah formasi baru, sebagai berikut
Feby = Vocal
Ozy = Lead Gitar
Fikar = Drum
Aan = Keyboard
Bintang = Bass
Fajar = Rhytm
Simphony Sn pun syah terbentuk pada tanggal 26 Juni 2010.
Nama Simphony Sn terinspirasi dari kata Simphony : Lantunan atau alunan nada,
sementara SN : Singkatan Six Note (Enam catatan) yang berarti ke enam personil tersebut.
Karya Musik Simphony Sn :
- Mengapa harus berakhir
- Kau Khianati Aku
- Mantan Kekasih
- Susah Senang Bersama
- harapanku
- Kami berharap, Simphony Sn menjadi band yang sukses dibidang industri musik
dan hasil karyanya dapat dihargai dan dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.
dan yang terpenting menjadi yang terbaik bagi keluarga serta teman terdekat kami.
- Juara Favorit dalam ajang festival LA Light
- The best Bassist dalam ajang festival LA Light
- Juara 1 Sejakarta Utara dalam ajang festival NORTH JACK
- Juara 1 antar pelajar sejakarta utara dalam ajang festival PORSENI
- The best Bassist, Keyboardist, Vocalist dan Drummer dalam aja festival PORSENI
- Juara 2 Tingkat DKI jakarta dalam ajang festival YOUTH FEST memperingati hari Sumpah Pemuda
- Arvan Febriana : 081381452518
- Fikar : 083894682801
JARINGAN






Gambar 3. Contoh ethernet address.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
SEJARAH JARINGAN KOMPUTER
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.
Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Gambar 1 Jaringan komputer model TSS
Memasuki tahun 1970-an, setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dala proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.

Gambar 2 Jaringan komputer model distributed processing
Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN. Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.
5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
- Topologi BUS

Topologi bus terlihat pada skema di atas. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:Keuntungan: Kerugian:- Hemat kabel - Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil- Layout kabel sederhana - Kepadatan lalu lintas- Mudah dikembangkan - Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.- Diperlukan repeater untuk jarak jauh
- Topologi TokenRING

Topologi TokenRING terlihat pada skema di atas. Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap
informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:Keuntungan: Kerugian:- Hemat kabel - Peka kesalahan- Pengembangan jaringan lebih kaku
- Topologi STAR

Merupakan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu:Keuntungan:- Paling fleksibel- Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain- Kontrol terpusat- Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan- Kemudahaan pengelolaan jaringanKerugian:- Boros kabel- Perlu penanganan khusus- Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
- Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.
Ethernet adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection) yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978 oleh IEEE. (lihat Tabel 2.) Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini adalah 10 sampai 100 Mbps. Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
Pada metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.
Untuk menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada Gambar 3.

48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih lengkap lainnya dapat diperoleh di http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
Tabel 3. Daftar vendor terkenal chip ethernet
NOMOR KODE | NAMA VENDOR |
00:00:0C | Sisco System |
00:00:1B | Novell |
00:00:AA | Xerox |
00:00:4C | NEC |
00:00:74 | Ricoh |
08:08:08 | 3COM |
08:00:07 | Apple Computer |
08:00:09 | Hewlett Packard |
08:00:20 | Sun Microsystems |
08:00:2B | DEC |
08:00:5A | IBM |
Dengan berdasarkan address ehternet, maka setiap protokol komunikasi (TCP/IP, IPX, AppleTalk, dll.) berusaha memanfaatkan untuk informasi masing-masing host komputer dijaringan.
- 10Base5 Sistem 10Base5 menggunakan kabel coaxial berdiameter 0,5 inch (10 mm) sebagai media penghubung berbentuk bus seperti pad Gambar 4. Biasanya kabelnya berwarna kuning dan pada kedua ujung kebelnya diberi konsentrator sehingga mempunyai resistansi sebesar 50 ohm. Jika menggunakan 10Base5, satu segmen jaringan bisa sepanjang maksimal 500 m, bahkan jika dipasang penghubung (repeater) sebuah jaringan bisa mencapai panjang maksimum 2,5 km.Seperti pada Gambar 5, antara NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer (DTE, Data Terminal Equipment) dengan media transmisi bus (kabel coaxial)-nya diperlukan sebuah transceiver (MAU, Medium Attachment Unit). Antar MAU dibuat jarak minimal 2,5 m, dan setiap segment hanya mampu menampung sebanyak 100 unit. Konektor yang dipakai adalah konektor 15 pin.
Gambar 4. Jaringan dengan media 10Base5.
Gambar 5. Struktur 10Base5. - 10Base2 Seperti pada jaringan 10Base5, 10Base2 mempunyai struktur jaringan berbentuk bus. (Gambar 6). Hanya saja kabel yang digunakan lebih kecil, berdiameter 5 mm dengan jenis twisted pair. Tidak diperlukan MAU kerena MAU telah ada didalam NIC-nya sehingga bisa menjadi lebih ekonomis. Karenanya jaringan ini dikenal juga dengan sebutan CheaperNet. Dibandingkan dengan jaringan 10Base5, panjang maksimal sebuah segmennya menjadi lebih pendek, sekitar 185 m, dan bisa disambbung sampai 5 segmen menjadi sekitar 925 m. Sebuah segmen hanya mampu menampung tidak lebih dari 30 unit komputer saja. Pada jaringan ini pun diperlukan konsentrator yang membuat ujung-ujung media transmisi busnya menjadi beresistansi 50 ohm. Untuk jenis konektor dipakai jenis BNC.
Gambar 6. Jaringan dengan media 10Base5.
Gambar 7. Struktur 10Base2. - 10BaseT Berbeda dengan 2 jenis jaringan diatas, 10BaseT berstruktur bintang (star) seperti terlihat di Gambar 8. Tidak diperlukan MAU kerena sudah termasuk didalam NIC-nya. Sebagai pengganti konsentrator dan repeater diperlukan hub karena jaringan berbentuk star. Panjang sebuah segmen jaringan maksimal 100 m, dan setiap hub bisa dihubungkan untuk memperpanjang jaringan sampai 4 unit sehingga maksimal komputer tersambung bisa mencapai 1024 unit.
Gambar 8. Jaringan dengan media 10BaseT.
Gambar 9. Struktur 10BaseT.Menggunakan konektor modular jack RJ-45 dan kabel jenis UTP (Unshielded Twisted Pair) seperti kabel telepon di rumah-rumah. Saat ini kabel UTP yang banyak digunakan adalah jenis kategori 5 karena bisa mencapai kecepatan transmisi 100 Mbps. Masing-masing jenis kabel UTP dan kegunaanya bisa dilihat di Table 4.Tabel 4. Jenis kabel UTP dan aplikasinya.KATEGORIAPLIKASICategory 1 Dipakai untuk komunikasi suara (voice), dan digunakan untuk kabel telepon di rumah-rumah Category 2 Terdiri dari 4 pasang kabel twisted pair dan bisa digunakan untuk komunikasi data sampai
kecepatan 4 MbpsCategory 3 Bisa digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan sampai 10 Mbps dan digunakan
untuk Ethernet dan TokenRingCategory 4 Sama dengan category 3 tetapi dengan kecepatan transmisi sampai 16 Mbps Category 5 Bisa digunakan pada kecepatan transmisi sampai 100 Mbps, biasanya digunakan untuk
FastEthernet (100Base) atau network ATM - 10BaseFBentuk jaringan 10BaseF sama dengan 10BaseT yakni berbentuk star. Karena menggunakan serat optik (fiber optic) untuk media transmisinya, maka panjang jarak antara NIC dan konsentratornya menjadi lebih panjang sampai 20 kali (2000 m). Demikian pula dengan panjang total jaringannya. Pada 10BaseF, untuk transmisi output (TX) dan input (RX) menggunakan kabel/media yang berbeda.
Gambar 10. Struktur 10BaseF.
Gambar 11. Foto NIC jenis 10Base5, 10Base2, dan 10BaseT. - Fast Ethernet (100BaseT series)Selai jenis NIC yang telah diterangkan di atas, jenis ethernet chip lainnya adalah seri 100Base. Seri 100Base mempunyai beragam jenis berdasarkan metode akses datanya diantaranya adalah: 100Base-T4, 100Base-TX, dan 100Base-FX. Kecepatan transmisi seri 100Base bisa melebihi kecepatan chip pendahulunya (seri 10Base) antara 2-20 kali (20-200 Mbps). Ini dibuat untuk menyaingi jenis LAN berkecepatan tinggi lainnya seperti: FDDI, 100VG-AnyLAN dan lain sebagainya.
Sumber:
- Yuhefizar, Sejarah Komputer, IlmuKomputer.com
- Prihanto, Harry, Membangun Jaringan Komputer, IlmuKomputer.com
SOURCE !!!
Model referensi jaringan terbuka OSI atau OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).
Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.
Model referensi ini pada awalnya ditujukan sebagai basis untuk mengembangkan protokol-protokol jaringan, meski pada kenyataannya inisatif ini mengalami kegagalan. Kegagalan itu disebabkan oleh beberapa faktor berikut:
- Standar model referensi ini, jika dibandingkan dengan model referensi DARPA (Model Internet) yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sangat berdekatan. Model DARPA adalah model basis protokol TCP/IP yang populer digunakan.
- Model referensi ini dianggap sangat kompleks. Beberapa fungsi (seperti halnya metode komunikasi connectionless) dianggap kurang bagus, sementara fungsi lainnya (seperti flow control dan koreksi kesalahan) diulang-ulang pada beberapa lapisan.
- Pertumbuhan Internet dan protokol TCP/IP (sebuah protokol jaringan dunia nyata) membuat OSI Reference Model menjadi kurang diminati.
OSI Reference Model pun akhirnya dilihat sebagai sebuah model ideal dari koneksi logis yang harus terjadi agar komunikasi data dalam jaringan dapat berlangsung. Beberapa protokol yang digunakan dalam dunia nyata, semacam TCP/IP, DECnet dan IBM Systems Network Architecture (SNA) memetakan tumpukan protokol (protocol stack) mereka ke OSI Reference Model. OSI Reference Model pun digunakan sebagai titik awal untuk mempelajari bagaimana beberapa protokol jaringan di dalam sebuah kumpulan protokol dapat berfungsi dan berinteraksi.
OSI Reference Model memiliki tujuh lapis, yakni sebagai berikut
Lapisan ke- | Nama lapisan | Keterangan |
---|---|---|
7 | Application layer | Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. |
6 | Presentation layer | Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)). |
5 | Session layer | Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama. |
4 | Transport layer | Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan. |
3 | Network layer | Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3. |
2 | Data-link layer | Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC). |
1 | Physical layer | Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. |
1.klik start, setelah itu
2.klik "run" atau teka tombol "windows+R"
3.setelah itu muncul tampilan "Registry Editor"
4.Buka folder "HKEY_LOCAL_MACHINE" setelah sudah dibuka
5.Buka lagi folder "DESCRIPTION" jika sudah, buka lagi folder "SYSTEM"
6.Setelah itu masih buka folder lagi, pilih folder "CENTRAL PROCESSING"
7.Sesudah itu dibuka, buka folder "0"
8.pilihlah "processorNameStrings" lalu muncul tampilan "edit strings"
9.nahh,, jika sudah sampai sini, kita tinggal ganti aja namanya
di tampilan edit strings itu edit value datanya
contoh: Intel(R) Pentium 4(R) CPU 430 @ 1.80GHz
kita bisa ganti Intel(R) Dual Core(R) CPU 430 @ 3.40GHz
10.Sesudah di ganti "klik OK" selesai
11.tapi jika kita ingin mengetahui kalau pentium komputer kita sudah besar
lihat di "My Computer" klik kanan, lalu properties
(cara ini hanya untuk untuk menengah, bagi para pemula bisa koment agar bisa lebih jelas)
terima kasih
2.klik "run" atau teka tombol "windows+R"
3.setelah itu muncul tampilan "Registry Editor"
4.Buka folder "HKEY_LOCAL_MACHINE" setelah sudah dibuka
5.Buka lagi folder "DESCRIPTION" jika sudah, buka lagi folder "SYSTEM"
6.Setelah itu masih buka folder lagi, pilih folder "CENTRAL PROCESSING"
7.Sesudah itu dibuka, buka folder "0"
8.pilihlah "processorNameStrings" lalu muncul tampilan "edit strings"
9.nahh,, jika sudah sampai sini, kita tinggal ganti aja namanya
di tampilan edit strings itu edit value datanya
contoh: Intel(R) Pentium 4(R) CPU 430 @ 1.80GHz
kita bisa ganti Intel(R) Dual Core(R) CPU 430 @ 3.40GHz
10.Sesudah di ganti "klik OK" selesai
11.tapi jika kita ingin mengetahui kalau pentium komputer kita sudah besar
lihat di "My Computer" klik kanan, lalu properties
(cara ini hanya untuk untuk menengah, bagi para pemula bisa koment agar bisa lebih jelas)
terima kasih
1. klik start
2. setelah itu klik "run" ketiklah "gpedit.msc"
3. munculah tampilan "group policy"
4. pada menu "user confguration" klik folder "administrative
templates"
5. sesudah itu, pilih folder "system"
6. pilihlah "turn off autoplay" klik 2x
7. munculah tampilan propertiesnya
8. pilih enabled
10. close, selesai
Cisco router adalah peratan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat- alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan.
Perusahaan cisco membuat router dengan berbagai seri dan model untuk berbagai kelas atau tingkat penggunaan, seperti :
1.CISCO ROUTER TIPE FIXED TINGKAT AKSES
Perusahaan cisco membuat router dengan berbagai seri dan model untuk berbagai kelas atau tingkat penggunaan, seperti :
1.CISCO ROUTER TIPE FIXED TINGKAT AKSES
- Cisco router 700 series
- Cisco router 801-804
- Cisco router 805
- Cisco router 811 dan 813
- Cisco router 827
- Cisco router 1000 series
- Cisco router 2000 series
- Cisco router 2500 series
- Cisco router 3000 series
- Cisco router 1600 series
- Cisco router 1720 dan 1750
- Cisco router 2500 series
- Cisco router 2600 series
- Cisco router 3600 series
- Cisco router 4000 series
- Cisco router 7000 series, untuk enterprise
- Cisco router 10000 dan 12000 series, untuk enterprise
- Pilih Start > Run… > pada jendela Run… ketikkan cmd.
Gambar 1 : Kotak dialog Run - Kemudian tekan [Enter].
PERINTAH PERINTAH PADA COMMAND PROMPT
- Date

- Vol [drive]

- Time [/T]

- Title[string]

- Ver

- Cls
- Color [attr]
prompt.
Attr : adalah parameter untuk warnanya.
Attr terdiri dari 2 nilai hexadecimal, nilai pertama untuk menentukan warna
background dan nilai kedua untuk menentukan warna pada foreground.
Daftar warnanya sebagai berikut :
0 = Hitam
1 = Biru
2 = Hijau
3 = Aqua
4 = Merah
5 = Unggu
6 = Kuning
7 = Putih
8 = Abu-abu
9 = Light Blue
A = Light Green
B = Light Aqua
C = Light Red
D = Light Purple
E = Light Yellow
F = Bright White
Contoh :




Jika digabungkan :


PERINTAH-PERINTAH UNTUK MANAGEMENT FILE
Dibawah ini merupakan perintah-perintah untuk management file, seperti
untuk membuat folder, mengcopy folder atau file, mengganti nama dan sebagainya.
- Md
Contoh
Md \komputer
Akan membuat folder bernama computer didalam root folder.
Md \komputer\blog
Akan membuat folder bernama computer dan didalam folder computer akan dibuat folder bernama blog

- Cd
Contoh f:/cd komputerblog

perintah diatas akan berpindah dari drive f ke folder komputerblog
Bagaimana kalau mau berpindah drive ? pada command prompt ketikkan drive yang
mau dituju.

- dir [drive:][path][filename] [/A[[:]attributes]] [/B] [/C] [/D] [/L] [/O[[:]sortorder]]
[/P] [/Q] [/S] [/T[[:]timefield]] [/W] [/X] [/4]
Perintah dir memiliki beberapa attribute, penjelasannya sebagai berikut :
/A : berfungsi untuk menampilkan file yang memiliki attribute direktori, file
tersembunyi, file system, read only file dan archiving file. Singkatnya dengan
menambahkan atribut ini maka semua file yang ada dalam direktori akan ditampilkan.

/B : hanya menampilkan nama file saja.

/D : menampilkan file secara horizontal

/L : menampilkan nama file secara lowercase

/N : menampilkan file dengan nama format panjang, tanpa /N nama folder
“Program files” menjadi “progra~1”.

/O[attr] : menampilkan file sesuai urutan.
-N : Urut file sesuai nama (alphabetic)
-E : Urut file sesuai extension (alphabetic)
-G : Urut file sesuai group
-S : Urut file sesuai ukuran file (dimulai dari terkecil)
-D : Urut file sesuai waktu (dimulai dari yang paling lama)

/P : Mempause ketika layer command prompt sudah penuh.
/Q : Menampilkan nama pemilik dari file.

/S : Menampilkan folder beserta subdirectori dan file yang terdapat didalamnya.
/W : Menampilkan file secara horizontal
- Copy [/source] [destination]
Contoh :
Copy c:/laporan.doc f:
Perintah ini akan menyalin file laporan.doc yang berada pada drive c ke drive f.
Copy c:/*.doc f:
Perintah ini akan menyalin semua file yang berextensi *.doc ke drive f.
- Del [file]
Contoh :
Del c:/buku.txt
Perintah ini akan menghapus file buku.txt dalam drive c.
Del c:/*.txt
Perintah ini akan menghapus semua file yang berextensi *.txt dalam drive c.
- Erase [file]
Contoh :
erase c:/buku.txt
Perintah ini akan menghapus file buku.txt dalam drive c.
erase c:/*.txt
Perintah ini akan menghapus semua file yang berextensi *.txt dalam drive c.
- Rd [folder]
Contoh
Rd games
Perintah ini akan menghapus folder yang bernama games.
- Rddir [folder]
Contoh
Rddir game_lama
Perintah ini akan menghapus folder yang bernama game_lama
- Ren [namafile] [namabaru]
Contoh :
Ren kinta.doc kuliah.doc
Perintah ini akan mengganti nama kinta.doc dengan kuliah.doc
- Rename [namafile] [namabaru]
Contoh :
Rename kinta.doc kuliah.doc
Perintah ini akan mengganti nama kinta.doc dengan kuliah.doc
- TYPE [drive:][path]filename
didukung oleh dos.
Contoh :
Type tentangku.txt
Perintah ini akan menampilkan file tentangku.txt

LAEN-LAEN
- TREE [drive:][path] [/F] [/A]
/F : Dengan menambahkan option ini, maka file-file yang berada dalam folder
akan ditampilkan.
/A : Menggunakan format ASCII dalam menampilkan karakter.
Contoh:
Type f:
Perintah ini menampilkan susunan direktori yang berada pada drive f.
Tree f: /f
Perintah ini menampikan folder beserta file yang berada pada drive f.
akan ditampilkan.
/A : Menggunakan format ASCII dalam menampilkan karakter.
Contoh:
Type f:
Perintah ini menampilkan susunan direktori yang berada pada drive f.

Tree f: /f
Perintah ini menampikan folder beserta file yang berada pada drive f.

- Edit

Tambahan :
- ATTRIB Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah atribut file
- CLS Perintah internal. Untuk menghapus layar monitor
- COPY Perintah internal. Untuk mengkopi file
- DEL Perintah internal. Untuk menghapus file
- DIR Perintah internal. Untuk melihat daftar file/folder di folder/direktori tertentu
- MD Perintah internal. Untuk membuat direktori/folder baru
- RD Perintah internal. Untuk menghapus folder (folder kosong)
- REN Perintah internal. Untuk mengubah nama file/folder
- TYPE Perintah internal. Untuk melihat isi fileEDIT Perintah eksternal. Untuk mengedit file teks (interaktif)
- FDISK Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah/membuat partisi harddisk
- FORMAT Perintah eksternal. Untuk memformat disket/harddisk
- MORE Untuk mencegah tampilan menggulung terus-menerus
- SYS Eksternal apa internal ya? Yang jelas untuk membuat disket/harddisk jadi bootable DEBUG Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah isi file dalam format heksadesimal
- REG Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah/menghapus key/value registry
- TASKKILL Perintah eksternal. Untuk menghentikan/membunuh proses yang sedang berlangsung
- TASKLIST Perintah eksternal. Untuk melihat daftar proses yang sedang berlangsung
PERINTAH-PERINTAH BATCH
- MELIHAT DAFTAR FILE: “DIR”
- Melihat daftar file/folder dalam direktori/folder tertentu
DIR (tanpa parameter)
- Melihat daftar file saja
DIR /a-d
- Melihat daftar folder saja
DIR /ad
- Melihat daftar file yang tersembunyi
DIR /a-dh
- Melihat daftar folder yang tersembunyi
DIR /adh
- Melihat daftar file/folder yang tersembunyi
DIR /ah
- MENGETAHUI/MENGUBAH ATRIBUT FILE: “ATTRIB”
Untuk mengetahui daftar parameter untuk perintah “ATTRIB”, ketikkan “ATTRIB /?”.
- Melihat attribut file/folder
Format umum: ATTRIB namafile
Contoh: ATTRIB readme.txt
Untuk melihat attribut dari beberapa file/folder, gunakan wildcards character (*) pada namafile.
- Mengubah attribut file/folder
ATTRIB daftaratribut namafile
- Daftar atribut yang valid: H, R, S
Gunakan tanda ‘-’ di depan kode attribut untuk menonaktifkan atribut tertentu, gunakan tanda ‘+’ untuk mengaktifkan atribut tertentu.
Contoh pemakaian:
Mengubah atribut file README.TXT menjadi hidden
ATTRIB +h README.TXT
- Mengaktifkan atribut hidden sekaligus atribut system pada file README.TXT
ATTRIB +h +s README.TXT
- Menonaktifkan attribut hidden, read-only dan system pada semua file dalam direktori aktif (current directory). Kombinasi atribut ini dapat digunakan untuk memunculkan kembali file-file yang ‘disembunyikan’, misalnya sebagai dampak infeksi virus ke komputer:
ATTRIB -h -r -s *.*SOURCE: http://kidzoom.wordpress.com/2010/03/11/perintah-dasar-command-prompt/